Profil Pendiri

PROFIL PENDIRI DAN PEMILIK KLINIK MUTIARA AKUPUNKTUR DAN ESTETIKA

Hj. Elin Marlina, S.KM (Nutritionist & Akupunkturist) adalah pendiri dan pemilik klinik akupunktur Mutiara Bogor. Beliau juga bekerja sebagai pegawai negeri di rumah sakit dr. M. Hasan Toto, Lapangan Udara (Lanud) Atang Sendjaja, Semplak Bogor. Dari tahun 1987 dan berpraktek akupunktur dirumah sakit tersebut sejak tahun 2005 sampai sekarang.

Pengobatan tradisional khususnya ilmu akupunktur merupakan komponen penting dalam pengembangan kesehatan masyarakat yang mandiri. Ilmu akupunktur adalah bagian dari ilmu pengobatan China. Menurut buku Huang Ti Nei Cing (The Yellow Emperor’s Classic of International Medicine), ilmu ini berkembang sejak +- 5000 tahun yang lalu.

Di Indonesia masyarakat umum mengenal ilmu pengobatan akupunktur sebagai salah satu pengobatan tradisional didukung oleh Kep Menkes RI No. 1076/MENKES/SK/VII/2003 tanggal 24 Juli 2003 tentang penyelenggaraan pengobatan tradisional yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit disamping pengobatan konvensional.

Sebagai masyarakat Hj. Elin Marlina, S.KM tertarik untuk lebih mengenal, mempelajari, mendalami dan mempraktekkan ilmu akupunktur ini dari lembaga ke lembaga baik dalam negeri maupun luar negeri yang konsen pada ilmu akupunktur, karena beliau mengetahui bahwa pengobatan tradisional yang di akui oleh WHO adalah akupunktur dan akupresur.

Beberapa lembaga akupunktur yang menjadi rujukan beliau dalam mempelajari ilmu akupunktur adalah sebagai berikut :

  1. Lembaga pengobatan tradisional LPIA Yapeptri (yayasan pengobatan tradisional Indonesia) Jakarta, tahun 2003. (Telah mengikuti ujian nasional akupunktur tahun 2003)
  1. Lembaga pendidikan akupunktur sinar kasih Jakarta, tahun 2004
  2. TCM (Traditional China Medicine Akupunktur) Beijing tahun 2005
  3. Lembaga pendidikan akupunktur Denny Wong Jakarta tahun 2010
  4. TCM (Traditional China Medicine Akupunktur) Guangzhou China, Tahun 2012
  5. International school Beijing akupunktur tahun 2014